Sabtu, 16 Juni 2012

Invantion dari Novel “Eclipse” Yang Membuatnya Masuk Pada Kategory Novel Popular


Eclipse adalah sebuah novel yang merupakan salah satu Novel populer dari sequel “Twilight saga” karya Stephany Meyer yang sukses dipasaran. Novel ini memberikan sesuatu hal yang baru yang ditawarkan kepada pembacanya. Mungkin dalam novel-novel terdahulu pernah ada yang menceritakan tentang kisah cinta segitiga. Namun dalam novel ini diceritakan sebuah cinta segita yang berbeda dengan kisah-kisah lain yang sebelumnya pernah ada.
Dalam Novel ini menceritakan tentang sebuah cinta segitiga yang ganjil. Disini diceritakan seorang wanita yang bernama Issabella terjebak dalam sebuah dilema cinta antara dirinya seorang Vampir yang bernama Edward dan Jacob seorang manusia srigala. Awalnya bella hanya mencintai Edward saja tetapi setelah segala kebaikan yang dilakukan oleh Jacob kepadanya membuat dia sedikit menaruh hati kepada Jacob. Dan ternyata, Jacob juga sudah menaruh hati kepada Bella dari dulu. Melihat kedekatan antara bella dan Jacob membuat edward pun sedikit cemburu. Di dalam serita disebutkan sering terjadi ketegangan antara keduanya yang membuat Bella kebingungan dalam memihak. Seperti yang sudah diketahui bahwa mitos mengenai vampir dan manusia serigala adalah bermusuhan. Ini lah yang membuat cerita ini terkesan menarik dan aneh. Di akhir Bella sendiri terlihat lebih memilih Edward daripada Jacob

Analysis
Seperti yang pernah dijelaskan seblumnya dalam pembahasan mengenai novel poplit dikelas bahwa dalam novel-novel poplit terdapat dua unsur.
-          Convention
-          Invention

      A.    Convention
Konvensi adalah bentuk dasar yang sudah baku dalam sebuah genre dalam novel-novel populer.
Setelah membaca keseluruhan dari novel ini saya mengkategorikan karya ini kedalam karya yang bergenre percintaan atau Romance.
Konvensi dari novel yang bertemakan percintaan adalah
-          Adanya tokoh laki-laki
-          Adanya tokoh perempuan
-          Adanya sebuah hubungan percintaan di antara mereka
Jika kita lihat dalam novel ini, adanya Ellisabeth dan Edward yang menjalin kasih sudah termasuk kepada konvensi yang disebutkan diatas sehingga bisa dikategorikan sebagai Novel berjenis percintaan atau Romance


      B.     Invantion
Invansi adalah sebuah pengembangan ide cerita dari konvensi awalnya sehingga cerita tersebut menjadi lebih menarik.
Invansi dari novel ini
-          Menghadirkan tokoh ketiga sehingga lebih mewarnai percintaan mereka.
-          Percintaan mereka dibuat unik karena tokoh perempuan yang seorang manusia menjalin hubungan dengan seorang vampir, dan bahkan orang ketiga yang ikut masuk kedalam percintaan mereka juga seorang manusia serigala yang merupakan musuh bebuyutan dari Vampir.
-          Tokoh Vampir yang ada di dalam cerita ini tidak digambarkan sebagai seseorang yang menyeramkan dan kejam, melainkan gagah, baik dan tidak menghisap darah manusia tetapi darah dari binatang. Begitu juga sosok manusia serigala yang diceritakan bertugas untuk melindungi manusia dari ancaman vampir.

Invantion adalah salah satu unsur dalam karya poplit yang bisa membuat sebuah karya bisa menjadi populer dan laku dipasaran. Itu disebabkan karena invantion berupa eksplorasi atau pengembangan dari Convention sehingga cerita terkesan lebih menarik dan memberikan kita kesan yang unik yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya.
            Dari invantion yang ada dalam novel Eclipse inilah yang membuat karya ini masuk kedalam novel populars yang sangat banyak di minati karena memberikan sesuatu yang baru dan berbeda dikalangan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar